Jumat, 20 Maret 2015

Softskill Bahasa indonesia 2

Ayo Jangan Malas Cuci Tangan !

Menjaga kesehatan tubuh bisa dimulai dari hal-hal yang paling sederhana., mencuci tangan misalnya. Mulai sekarang jadikan cuci tangan sebagai bagian dari gaya hidup Anda. Tangan adalah organ tubuh yang paling vital untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Dari tangan inilah akan tercipta karya-karya indah. Namun, dari tangan jugalah berbagai penyakit bisa menular.
Tanpa disadari aktivitas sehari-hari membuat tangan selalu bersentuhan dengan benda-benda, mulai pulpen, keyboard computer, gagang pintu dan benda-benda lain. Semenara itu, kita tidak pernah tahu, apakah benda-benda yang kita pegang tersebut bebas kuman dan virus?
Nah, untuk mencegah bakteri atau virus berpindah ke dalam tubuh. Lakukan cuci tangan sebelum makan, setelah menggunakan kamar kecil, setelah buang air kecil atau buang air besar, setelah membuang ingus, batuk, bersin, setelah menyentuh sampah, sebelum dan setelah mengobati luka, setelah memegang hewan atau kotoran hewan, sebelum memasukkan atau melepas lensa kontak, setelah bermain, sebelum memegang bayi, setelah menyentuh orang sakit atau terluka serta sebelum menyiapkan makanan. Ditengah maraknya berbagai virus baru belakangan ini, cuci tangan menjadi salah satu senjata dasar untuk mengatasinya.

Langkah Mencuci Tangan Yang Benar

Pada tahun 2005 WHO mengeluarkan 7 langkah, dan dalam pelaksanaannya ada yang mengembangkan menjadi 10 langkah, yaitu:
1.     Basuh tangan dengan air bersih yang mengalir
2.    Ratakan sabun dengan kedua telapak tangan
3.     Gosok punggung tangan dan sela-sela jari tangan kiri dan tangan kanan, begitu pula sebaliknya
4.    Gosok kedua telapak dan sela-sela jari tangan
5.    Jari-jari sisi dalam kedua tangan saling mengunci
6.    Gosok ibu jari kiri berputar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan sebaliknya
7.    Gosokkan dengan memutar ujung jari-jari tangan kanan di telapak tangan kiri dan sebaliknya
8.    Gosok pergelangan tangan kiri dengan menggunakan tangan kanan dan lakukan sebaliknya
9.    Bilas kedua tangan dengan air yang mengalir
10. Keringkan dengan lap tangan yang kering dan bersih atau menggunakan tissue

Bila tidak ada wastafel atau kran air, dapat menggunakan air yang dituangkan dengan gayung. Idealnya memang menggunakan sabun cair, tetapi bisa juga menggunakan sabun batangan.
Manfaat cuci tangan untuk kesehatan memang sudah diakui. Namun, masih banyak orang yang enggan melakukannya. Padahal, seiring aktivitas yang Anda lakukan, tangan pun akan dipenuhi kuman, bakteri, dan virus yang sudah siap memasuki tubuh Anda. Tak harus masuk melalui mulut, tapi bisa melalui mata atau hidung. Penyakit infeksi umumnya menyebar melalui kontak tangan ke tangan.
Mencuci tangan terbukti dapat mencegah penyakit diare dan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) yang menjadi penyebab utama kematian pada anak-anak. Setiap tahun, sebanyak 3,5 juta anak-anak di seluruh dunia meninggal sebelum mencapai umur 5 tahun karena penyakit tersebut.termasuk demam biasa (common cold), flu dan beberapa  kelainan system pencernaan seperti diare. Utuk itu, biasakan cuci tangan pada anak sejak dini. Untuk membiasakan anak mencuci tangan, berikan contoh dengan cucilah tangan bersama anak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar